Pengusaha Muda Taopik Hidayat Siap Ramaikan Pileg 2024

Pengusaha Muda Taopik Hidayat Siap Ramaikan Pileg 2024

Seorang pengusaha muda bernama Taopik Hidayat asal Kabupaten Bogor siap beralih ke dunia politik praktis dengan maju ke kontestasi Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor. Taopik Hidayat, yang saat ini menjabat sebagai Presiden Direktur PT. Terbit Sembilan Enam, akan memperebutkan kursi dari daerah pemilihan 1 yang meliputi Kecamatan Cibinong, Citeureup, Sukaraja, Babakan Madang.

Taopik Hidayat memilih Partai Demokrat sebagai ‘tiket’ politiknya pada Pemilu 2024. Partai yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono ini akan mendapatkan nomor urut 14. Meski dapil 1 dikenal sebagai dapil ‘neraka’, Taopik Hidayat merasa yakin untuk berjuang dan memilih bergabung dengan Partai Demokrat dengan alasan tersendiri.

“Alasan pertama, Dapil 1 adalah kampung halaman saya, saya lahir dan tinggal di daerah ini,” ujar pemuda yang karib disapa Opik, usai mengikuti sesi foto bakal calon legislatif di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor, Cibinong, Senin 6 Februari 2023.

Taopik Hidayat mengungkapkan bahwa keputusannya untuk terjun ke dunia politik daerah tidaklah tiba-tiba. Ia merasa sudah lama ingin memperjuangkan hak-hak masyarakat. Sebelum sukses meniti karir sebagai pengusaha jasa konstruksi dan properti, Taopik Hidayat pernah merasakan kesulitan hidup ekonomi seperti kebanyakan masyarakat saat ini.

Taopik Hidayat lahir dan besar di petak kontrakan yang disewa oleh orangtuanya. Ayahnya adalah pekerja serabutan yang tidak menentu penghasilannya. Ibunya bekerja sebagai juru urut untuk tetangga dengan bayaran yang tidak seberapa untuk menopang ekonomi keluarga. Meski kedua orangtuanya bekerja keras, namun itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Mereka seringkali kesulitan membayar sewa kontrakan, bahkan Taopik dan keluarganya pernah diusir oleh pemilik kontrakan karena tidak mampu membayar.

“Kenyataan hidup seperti itu sangat mungkin terjadi dengan keluarga yang lain. Sebagai anak muda yang juga mengalami hal demikian, saya ingin memeriksa keaadan dan berjuang untuk perubahan,” imbuhnya.

Perbedaan yang mencolok terlihat antara masa lalu dan sekarang bagi Taopik Hidayat. Saat ini, dia dikenal sebagai pengusaha yang relatif sukses. Melalui perusahaannya PT. Terbit Sembilan Enam, Taopik telah membuka ratusan lapangan kerja. Lebih dari 200 orang bekerja untuknya, mulai dari ahli arsitek dan teknisi sipil hingga pekerja konstruksi dan jasa keamanan.

Meski telah mencapai banyak hal, Taopik Hidayat merasa bahwa ini belum cukup. Menurutnya, membuka ratusan lapangan kerja tidak dapat dianggap sebagai suatu pencapaian yang memuaskan. Terlebih, ini tidak sebanding dengan jumlah orang yang masih hidup dalam kesulitan ekonomi hingga saat ini, yang mencapai ratusan ribu orang.

“Kalau hanya jadi pengusaha saya hanya bisa bantu ratusan orang saja. Tapi, jika Taopik Hidayat nanti menjadi anggota dewan, yang ratusan ribu orang masyarakat di dapil 1 ini akan diperjuangkan,” tegasnya.

Taopik yakin bahwa keputusannya untuk terjun ke dunia politik adalah pilihan yang tepat. Dia juga merasa didukung sepenuhnya oleh keluarganya, terutama oleh ibu dan istriya.

“Sebelum mengambil keputusan apapun umi (ibu red) selalu dilibatkan. Tanpa restu umi dan tentu juga dukungan istri, Taopik tidak mengambil pilihan beresiko ini,” pungkasnya.