Widget HTML #1

Cara Membuat Halaman HTML Kosong

COND.MY.ID - Halaman HTML kosong adalah halaman Web tanpa konten Web yang terlihat. Beberapa kode HTML diperlukan untuk browser Web untuk menafsirkan file sebagai file HTML bahkan jika tidak ada konten yang terlihat.

Cara Membuat Halaman HTML Kosong

Setiap editor teks dapat membuat halaman HTML kosong karena halaman HTML hanyalah sebuah dokumen teks dengan kode khusus di bagian atas yang mengidentifikasinya sebagai halaman Web ke browser Web.

Dan inilah kode blank html untuk Blogger/Blogspot:

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>
  <b:if cond='data:view.isLayoutMode'>
<b:skin><![CDATA[
/* css style untuk halaman layout di bawah ini */

]]></b:skin>
</b:if>
<style>
/* custom css untuk tampilan blog di bawah ini */

</style>
<head>
<meta charset='utf-8'/>
<title>Title Blog</title>
</head>
<body>
<b:section class='halo' id='halo'/>
<p>Halo Indonesia</p>
</body>
</html>
Ganti tulisan block kuning dengan pesan yang ingin disampaikan.

Penjelasan Kode HTML Kosong

1. Baris pertama <?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?> adalah deklarasi XML yang menunjukkan bahwa ini adalah dokumen XML versi 1.0 dengan pengkodean karakter UTF-8.

2. <!DOCTYPE html> adalah deklarasi tipe dokumen (DOCTYPE) untuk dokumen HTML.

3. <html xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'> adalah tag pembuka untuk elemen html dengan beberapa atribut xmlns yang menunjukkan namespace XML yang digunakan dalam dokumen ini.

4. <b:if cond='data:view.isLayoutMode'> adalah tag Blogger yang digunakan untuk menguji kondisi tertentu sebelum merender bagian dari template. Pada contoh ini, itu mengecek apakah tampilan sedang dalam mode layout. Jika benar, itu akan memasukkan CSS khusus untuk mode layout.

5. <b:skin><![CDATA[ dan ]]></b:skin> adalah tag Blogger yang digunakan untuk menyisipkan CSS khusus. Pada contoh ini, itu digunakan untuk menambahkan CSS yang hanya berlaku saat tampilan sedang dalam mode layout.

6. <style> adalah tag HTML untuk menyisipkan CSS dalam dokumen. CSS yang didefinisikan di sini akan berlaku untuk seluruh tampilan blog.

7. <head> adalah elemen HTML yang berisi informasi meta dan tautan ke sumber daya lain yang diperlukan untuk halaman web.

8. <meta charset='utf-8'/> adalah tag meta yang mendefinisikan pengkodean karakter dokumen sebagai UTF-8.

9. <title>Title Blog</title> adalah judul halaman web yang akan ditampilkan di bilah judul browser.

10. <body> adalah elemen HTML yang berisi konten yang akan ditampilkan dalam halaman web.

11. <b:section class='halo' id='halo'/> adalah tag Blogger yang mendefinisikan bagian dari template yang akan diisi dengan widget atau konten lainnya. Pada contoh ini, itu mendefinisikan sebuah bagian dengan kelas "halo" dan ID "halo".

12. <p>Halo Indonesia</p> adalah elemen HTML untuk menampilkan teks "Halo Indonesia" dalam paragraf. Teks ini akan ditampilkan dalam halaman web.

Kegunaan Kode HTML Kosong

Bersihkan Tema Lama: Kode blank HTML dapat digunakan untuk membersihkan tema lama atau sebelumnya pada platform seperti Blogger. Ini membantu Anda memulai dengan tata letak yang bersih dan terorganisir saat mengganti tema atau membuat perubahan besar dalam desain halaman web.

Canvas untuk Kreativitas: Kode blank HTML adalah seperti kanvas kosong yang menunggu untuk diisi dengan konten dan desain yang menarik. Ini memberi Anda kebebasan untuk menciptakan halaman web sesuai dengan visi dan tujuan Anda.