Widget HTML #1

5 Cara Menghemat Kuota Internet

COND.MY.ID - Kuota Internet adalah istilah yang cenderung merujuk pada paket data atau tunjangan yang disediakan sebagai bagian dari layanan seluler atau broadband. Tunjangan atau paket data biasanya digunakan untuk mengelola jumlah data yang dapat digunakan seseorang saat terhubung ke Internet.

Tunjangan ini biasanya dinyatakan dalam volume data, seperti gigabyte (GB) atau megabyte (MB). Kelonggaran data dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk menjelajahi web, streaming video atau musik, menggunakan media sosial, dan menggunakan aplikasi.

Semakin cepat koneksi data komunikasi yang ada diponsel-ponsel terbaru saat ini. Kebutuhan untuk paket data atau kuota juga semakin membesar. Tapi yang perlu diperhatikan bagi Anda. Jangan sampai kebutuhan tersebut membuat Anda menjadi boros. Dotekno akan mensharing 5 Cara Menghemat kuota internet.

5 Cara Menghemat Kuota Internet

5 Cara Menghemat Kuota Internet

1. Monitor penggunaan paket data Anda

Sebelum melakukan penghematan data. Ada baiknya Anda mengenali macam-macam konsumsi data. Apakah lebis sering digunakan untuk megakses media sosial, bermain game, menonton video via streaming atau mungkin penggunaan untuk mendownload aplikasi-aplikasi dengan ukuran besar.

Ada bisa dengan mudah mengetahui macam konsumsi data. Melalui menu yang ada pada smartphone Anda. Baik yang menggunakan iOS, Android, atau mungkin windows phone.

Menu yang dimaksud disini ada di menu pengaturan. Ketika dibuka akan menampilkan beberapa banyak data yang telah digunakan dan aplikasi-aplikasi mana saja yang berjalan menggunakan koneksi internet. Seperti gambar yang ada dibawah ini.

Selain bisa menggunakan menu bawaan yang ada pada smartphone. Bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memonitoring penggunaan data. Seperti contoh pengguna smartphone android. Bisa menggunakan Onavo Count untuk memonitor penggunaan data.

Setelah mengetahui aplikasi mana saja yang banyak menggunakan data. Tentu lebih mudahkan untuk mengatur aplikasi-aplikasi mana saja yang bisa terhubung ke koneksi internet.

2. Menonaktifkan fitur update otomatis

Fitur update otomatis bisa membantu pengguna untuk mendapatkan pembaruan terus untuk aplikasi yang terinstal pada smartphone. Akan tetapi penggunaan fitur ini membuat menjadi boros data karena otomatis ponsel melakukan koneksi internet terus untuk terhubung pada server update aplikasi.

Bayangkan bila yang Anda gunakan layanan data mobile bukan melalui jaringan wifi. Tanpa kita sadari semua aplikasi telah mendapatkan pembaruan tanpa kita sadari. Dan menghabiskan banyak sekali paket data.

Sebaiknya untuk menghemat paket data. Fitur ini di nonaktifkan saja. Dan memilih pembaruan secara manual atau otomatis saat terhubung dengan jaringan wifi. Tujuannya agar aplikasi tidak melakukan update pembaruan menggunakan paket data seluler.

3. Mengurangi download aplikasi

Cara ke-tiga untuk menghemat penggunaan paket data. Mengurangi mendownload aplikasi-aplikasi menggunakan jaringan seluler.sebenarnya ukuran sebuah aplikasi sangat bervariasi. Akan tetapi jika Anda maniak game-game terbaru dengan ukuran yang besar. Lebih disarankan didownload menggunakan jaringan wifi. Karena kadangkala aplikasi-aplikasi game berukuran sangat besar. ada yang 250 MB atau bahkan sampai 1 GB.

4. Selektif dalam menonton video online

Menonton video online di Youtube. Ketika dalam perjalanan atau diluar memang sangat menyenangkan. Tapi jangan sampai kanget bila tiba-tiba paket data seluler Anda habis.karena steaming video sangat membutuhkan paket data besar.

Bila ingin menghemat paket data Anda. Sebaiknya hindarin menonton video dengan menggunakan paket data seluler. Gunakan koneksi wifi jika ingin menonton streaming atau bila perlu didownload. Agar bisa diputar ulang walaupun tanpa ada koneksi internet.

Cara lain yang bisa dipakai. Menggunakan fitur terbaru pada Youtube dimana kita bisa memutar video walaupun tanpa koneksi internet. Video offline, dengan memanfaatkan fitur ini dengan cara menggunduhkan saat ada koneksi wifi dan menyimpannya untuk diputar di lain waktu.

5. Kompresi data di browser

Semakin canggih browser yang ada di ponsel. Antara lain Crome, Ucweb. Opera dan banyak lainnya. Telah dilengkapi fitur untuk mengkompresi data. Fitur ini berguna bagi mereka yang sering melakukan aktivitas browsing di ponsel.

Cara kerja fitur ini data yang kita akses akan dikirim ke sever browser milik Crome atau lainnya dan dikirimkan kembali dalam bentuk data dengan ukuran yang lebih kecil. Dengan cara tersebut penggunaan paket data seluler Anda bisa sangat dihemat.

Penutup

5 Cara Menghemat Kuota Internet tersebut bisa Anda gunakan. Karena walaupun promo operator banyak yang bialng unlimited. Pada kenyataannya tetap ada limit kuotanya. Bila kuota telah habis maka kecepatan internet yang Anda rasakan akan semakin berkurang. Atau bahkan ada tidak bisa melakukan koneksi internet pada jaringan seluler.

Kuota Internet menjadi pertimbangan penting saat memilih layanan seluler atau broadband. Memahami dan mengelola jatah data Anda dapat membantu Anda memaksimalkan koneksi Internet Anda dan menghindari biaya tak terduga.