Widget HTML #1

12 Manfaat Kopi untuk Kesehatan

COND.MY.ID - Apakah kopi buruk untukmu? Kopi telah diejek dan dipuji selama berabad-abad.

Kopi disalahkan karena diduga menyebabkan impotensi dan kegilaan.

Pada pandangan lain. Kopi adalah obat untuk kemalasan (agar tetap bersemangat). Bahkan ada ungkapan bahwa kopi adalah "hadiah dari surga".

Terlepas dari pro dan kontra, admin akan memberikan fakta kopi yang sebenarnya dan terbukti secara ilmiah.

Kafein, zat psikoaktif yang paling banyak dikonsumsi di dunia, adalah bahan kopi yang paling terkenal.

Efek betapa menguntungkannya secangkir kopi bagi tubuh manusia telah diteliti dengan cukup baik. Kopi secara keseluruhan adalah minuman ringan nan kompleks dengan ribuan zat berbeda.

Beberapa penelitian berpendapat bahwa kopi tanpa kafein dan kopi berkafein memiliki efek kesehatan yang hampir sama, bahkan nyaris sama dan menunjukkan bahwa bukan kafein yang bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatan kopi.

Penelitian tentang kopi dan pro dan kontranya bagi manusia masih jauh dari selesai, tetapi berikut adalah daftar dari apa yang kami ketahui saat ini.

12 Manfaat Kopi untuk Kesehatan

12 Manfaat Kopi untuk Kesehatan

1. Kopi Meningkatkan Kinerja Fisik Anda

Minumlah secangkir kopi hitam sekitar satu jam sebelum latihan dan kinerja Anda dapat meningkat 11-12%. Kafein meningkatkan kadar adrenalin di dalam darah. Cocok untuk Anda yang memiliki pekerjaan yang membutuhkan tenaga ekstra.

2. Kopi Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Kopi mengandung magnesium dan potasium, yang membantu tubuh manusia menggunakan insulin, mengatur kadar gula darah dan mengurangi keinginan Anda untuk camilan manis dan camilan.

3. Kopi membantu Anda membakar lemak

Kafein membantu sel lemak memecah lemak tubuh dan menggunakannya sebagai bahan bakar untuk latihan.

4. Kopi membantu Anda Fokus dan Tetap Waspada

Asupan kafein dalam jumlah sedang, 1-6 cangkir sehari, membantu Anda fokus dan meningkatkan kewaspadaan mental.

5. Kopi Menurunkan Risiko Kematian

Penelitian telah menunjukkan bahwa risiko kematian dini peminum kopi secara keseluruhan adalah 25% lebih rendah daripada mereka yang tidak minum kopi.

6. Kopi Mengurangi Risiko Kanker

Satu penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat pada pria hingga 20%, dan kanker endometrium pada wanita sebesar 25%. Beberapa orang di uji dengan minum empat cangkir kopi sehari.

Kafein juga dapat mencegah perkembangan karsinoma sel basal, jenis kanker kulit yang paling umum.

7. Kopi Mengurangi Risiko Stroke

Rutin mengonsumsi kopi 2 sampai 4 cangkir sehari dapat mengurangi risiko terkena serangan stroke.

8. Kopi Mengurangi Risiko Penyakit Parkinson

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur menurunkan risiko penyakit Parkinson hingga 25%. Ada banyak bukti bahwa kopi menyebabkan aktivitas di bagian otak yang terkena Parkinson sehingga menurunkan risikonya.

9. Kopi Melindungi Tubuh Anda

Kopi mengandung banyak antioksidan, yang bekerja sebagai pejuang kecil yang melawan dan melindungi dari radikal bebas di dalam tubuh Anda.

10. Kopi Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe II

Kafein menurunkan sensitivitas insulin Anda dan merusak toleransi glukosa, oleh karena itu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

11. Kopi Melindungi Otak Anda

Kadar kafein yang tinggi dalam darah Anda mengurangi risiko penyakit pikun, pelupa atau biasa disebut Alzheimer. Ini juga menurunkan risiko demensia .

12. Kopi Mencerahkan Suasana Hati Anda

Penelitian menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi kopi dapat membantu melawan depresi dan tentunya menurunkan risiko bunuh diri.

Kafein menstimulasi sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, dan noradrenalin, yang meningkatkan suasana hati Anda. Dua cangkir kopi sehari dapat mencegah risiko depresi, galau dan gabut.